Home » Berita Terkini » Desa Cikolelet Menuju Desa Wisata
Obyek Wisata Alam Cikolelet

Desa Cikolelet Menuju Desa Wisata

Serang, Kabupaten Serang mempunyai banyak tempat obyek wisata seperti halnya di Cikolelet merupakan desa yang berlokasi di kecamatan cinangka yang berbatasan langsung di sebelah barat dengan desa baros jaya, sebelah utara dengan desa mekarsari, sebelah timur berbatasan langsung dengan hutan lindung dan cikedung, mancak, serta sebelah selatan dengan desa kubang baros dan rancasanggal, Dengan jumlah penduduk sekitar 1360 KK (Kepala Keluarga), yang tersebar di 11 RW dan 33 RT.

Desa cikolelet merupakan desa yang berada strategis dengan zona wisata cinangka khususnya wisata pantai, Ada 4 potensi desa yang menjadi daya tarik di desa cikolelet yaitu diantaranya kesenian , adat tradisi budaya serta obyek wisata alam yang menjadi salah satu daya tarik desa , khususnya wisata gunung pilar dan cibaja.

Desa Wisata Cikolelet

Gagasan untuk menjadi desa wisata sudah berjalan kurang lebih 2 tahun, dimana pemerintahan desa terus membangun dan mengekspos destinasi wisata yang ada di desa cikolelet dengan bantuan swadaya masyarakat, hal ini bisa dilihat dari 2 destinasi wisata alam yang cukup besar peminatnya walaupun baru berjalan selama 2 tahun, ini dibuktikan dengan  hampir 800 orang perminggu datang mengunjungi destinasi wisata gunung pilar dan cibaja.

Pemerintah desa terus menguapayakan dukungan baik dari pihak pemerintahan kabupaten, provinsi bahkan pusat untuk merealisasikan dan segera di SK kan  menjadi desa wisata, agar segala macam kelengkapan dan pembangunan mampu terealisasi dengan baik, Serta mengajak baik dari pihak pemerintah maupun swasta untuk ber investasi di desa cikolelet.

pemerintah kabupaten sudah memberikan angin segar, bahwa target mengeluarkan SK dan proses penyelesaian pembangunan untuk menjadi desa pariwisata mulai dari infrastruktur, MCK, penginapan , dan kelengkapan yang lainnya, ditargetkan selesai tahun 2018 dengan menghabiskan anggaran 1,8 milyar untuk realisasi desa wisata di cikolelet.

Dukungan ini berawal dari kajian akademis yang dilakukan oleh sekolah tinggi pariwisata Trisakti dalam uji kelayakan dan potensi untuk menjadi desa wisata.

” upaya yang kami lakukan sebelum mengajukan kepada dinas pariwisata, kami mendatangi terlebih dahulu ke Sekolah tinggi pariwisata trisakti untuk uji kelayakan sebagai desa wisata, baru setelah di uji dan dinyatakan layak, kami mendatangi kementrian pariwisata kabupaten dan provinsi untuk mendapatkan dukungan “ ungkap kades ojat.

Harapan pak ojat sebagai kepala desa, beliau mengungkapkan sangat mengapresiasi semua yang dilakukan oleh masyakatnya, karena menurutnya pariwisata bukan hanya sekedar alat, melainkan sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat. Pada 17 agustus yang lalu desa cikolelet meraih 4 gelar juara di kabupaten mulai dari desa terbaik , kepala desa peduli kehutanan, juara 1 perintisan desa wisata, serta juara 1 kepala desa peduli lingkungan hidup.

“ harapan saya dengan adanya wisata ini mampu menjadikan masyarakat sejahtera, serta apa yang diraih oleh desa ini semata mata hasil kerja keras masyarakat”  pungkasnya

Serta terakhir beliau mengajak kepada seluruh elemen pemuda desa, mari gunakan media sosial untuk terus mengangkat potensi desanya , sebagai sarana promosi dan pengenalan karena beliau yakin bahwa setiap desa memiliki potensi yang beragam.

“ Yuk untuk para pemuda , gunakan media yang ada untuk mengangkat potensi desa yang ada, serta kita harus menjadi dari bagian perubahan “ tuturnya. (Abdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

IMG-20180612-WA0040

All Out Amankan Mudik, Polda Banten: Ingin Masyarakat Bahagia

Merak, (TB) – Ciptakan kenyamanan bagi pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatra, Polda Banten, mengerahkan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com