Home » PEMERINTAHAN » Gubernur Launching Pilkada Tahun 2017
PILGUB_BANTEN

Gubernur Launching Pilkada Tahun 2017

TrotoarBanten.com – Kota Serang, Gubernur Banten H. Rano Karno. S.IP mengajak kepada Pemerintah Daerah, POLRI dan TNI selain untuk tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak pada siapapun dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tetapi juga mampu merumuskan langkah-langkah yang proaktif, sehinga potensi konflik yang terserak dapat diredam dan diantisipasi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata,” ungkap Gubernur pada acara Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2017 Berintegritas, di Alun-alun Barat – Kota Serang, Rabu (03/08/2016).

Menurut Gubernur, belajar dari masa sebelumnya, diperkirakan perkembangan dan dinamika politik akan meningkat ditahun ini. Sehingga potensi konflik dalam wujud perselisihan, aksi kekerasan, komunal maupun kontak fisik antar kelompok masa yang berbeda pandangan bisa mencederai adagium demokrasi yang meyakini bahwa demokrasi merupakan arena untuk mengelola kemajemukan atau tanpa kekerasan.

“Jangan sampai setitik dengki dan hasad dalam benak meluluh lantakan persaudaraan diantara sesama, hanya karena kepentingan sesaat. Jangan sekali-kali mengorbankan kepentingan khalayak dengan membiarkan kebencian tumbuh di kedalaman hati kita,” ucap Gubernur.

Gubernur mengatakan, dalam pemilu kemajemukan pandangan dan pilihan adalah perihal yang lumrah. Pemilu harus dipahami sebagai ruang kontestasi kebaikan, bukan ajang untuk saling memburuk-burukkan.

“Banten adalah wilayah yang kosmopolismenya berlangsung sejak lama. Kita semua sudah terbiasa merayakan kemajemukan itu dengan penuh rasa syukur. Semoga di Pilgub 2017 kita dapat mempertahankan kondisi ini,” harap Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menjelaskan partisipasi pemilih dalam Pilkada di Banten mengalami pergerakan fluktuatif dan pasang surut dari waktu ke waktu. Bahkan pada Pilkada tahun 2006 partisipasi pemilih sebesar 60,83 persen dan meningkat pada Pilkada berikutnya tahun 2011 sebesar 62,38 persen. Tetapi pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 yang digelar di empat Kabupaten/Kota tingkat partisipasinya hanya 56,67 persen dari target sebesar 70 persen pemilih.

“Terkait hal ini, kita semua perlu memikirkan langkah dan strategi yang tepat untuk menekan apatisme politik yang menggejala di sebagian masyarakat,” ujar Gubernur.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arif Budiman mengatakan, jika melihat dari kesiapan Pilkada di Provinsi Banten, pihaknya mengakui bahwa KPU Banten sudah siap menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan ini.
“Jika diukur tentang kesiapan, maka KPU Banten saya nyatakan siap. Karena kesiapan Pilkada ukurannya ada tiga yaitu anggaran, personil dan logistik, ini perlu menjadi perhatian. Saya berharap Pilkada di Banten tepat waktu, tertib, aman dan damai sehingga bisa dipilih pemimpin yang dikehendaki rakyat dan masyarakatnya sejahtera,” ucap Komisioner KPU RI. (Humas, Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

IMG-20180412-WA0020

Ini Kata Ilham Bintang, “Jadi Wartawan Itu Berat”

SERANG – Maraknya info hoax dan produk jurnalistik yang kerap dinilai bermasalah akhir-akhir ini, menjadi ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com