Home » Berita Terkini » PEMPROV DORONG KOPERASI DAN UMKM MANFAATKAN PELUANG PERTUMBUHAN PARIWISATA
Pemprov Banten

PEMPROV DORONG KOPERASI DAN UMKM MANFAATKAN PELUANG PERTUMBUHAN PARIWISATA

TrotoarBanten.com – Kota Serang, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendorong pelaku Koperasi dan UMKM memanfaatkan peluang pertumbuhan pariwisata yang terus menunjukkan tren positif setiap tahun.

Sekarang kawasan Anyer hingga Carita mulai menggeliat, tiap akhir pekan selalu macet. Apa yang bisa koperasi didistribusikan dengan peluang ini. Ini harus dimanfaatkan.” Kata Gubernur Banten H. Rano Karno saat membuka acara Pembinaan Peningkatan Kualitas Koordinasi Teknis dan Penyuluhan Bagi Koperasi dan UMKM, di Marbella Hotel Anyer, Kamis (18/02).

Menurutnya, pemerintah pusat telah mengeluarkan Perpres terkait 12 proyek nasional yang akan dibangun di banten, dan salah satunya adalah pembangunan Tol Serang-Panimbang yang akan dimulai pada tahun ini. Dengan pembangunan Tol ini otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Tol Serang-Panimbang akan melintasi tiga wilayah, otomatis daerah tersebut akan terbuka. Artinya, apa yang koperasi bisa manfaatkan dari pembangunan ini. Dari tol ini logistik akan bergerak, koperasi bisa menjadi distributor ikan, sayuran, atau cinderamata bagi hotel-hotel. Jika koperasi bisa menyuplai kebutuhan, maka ini moment baik bagi koperasi. kalian bisa membuka usaha ini,” kata Gubernur dihadapan ratusan pelaku usaha Koperasi dan UMKM.

Gubernur melanjutkan, pada era globalisasi dan menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, koperasi sebagai gerakan ekonpmi rakyat dan merupakan salah satu pilar ekonomi selayaknya perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi penganguran dan mengentaskan kemiskinan dilakukan dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Kekuatan ekonomi kita adalah di koperasi. Maka dari itu, Saya ingin pelatihan ini bermanfaat, karena kita sendiri yang akan menghadapi masa depan. MEA sudah didepan mata, kalo kesempatan ini tidak dimanfaatkan, saya dan anda merasa gagal. Saya ingin pembangunan banten harus dinikmati semua oleh masyarakat. Saya ingin masyarakat banten ini sejahtera, tinggal mau atau tidak kita bekerja keras,” ajaknya.

Sementara Kepala Dinas UMKM Dra. Nurhana, M.Si menyebutkan, Banten memiliki kurang lebih 6350 koperasi, namun masih ada yang kondisinya tidak aktif, oleh sebab itu pihaknya mengundang penggiat koperasi agar bagaimana bisa lebih mengembangkan lembaga koperasi menjadi lebih baik.

Provinsi Banten sangat antusias untuk mengembangkan kopersi dan UMKM, untuk itu sengaja kami mengundang perbankan agar unek-unek UKM bisa disampaikan,” menurut Nurhana, pada tahun 2016 ini pihaknya sudah mencanangkan petugas penyuluh koperasi lapangan, nantinya penyuluh lapangan ini melakukan pembinaan, konsultasi dan supervisi kepada koperasi-koperasi termasuk mengingatkan pemahaman masyarakat terhadap koperasi. “Mereka akan menjelaskan bagaimana sebenarnya koperasi yang sehat dan tidak mendapatkan sangksi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, Pemberdayaan kelembagaan koperasi telah dilakukan dengan mengembangkan dan menguatkan koperasi-koperasi yang sudah ada atau menumbuhkan yang belum ada tetapi potensial untuk dimunculkan seperti pengembangan kelompok tani (Poktan).

Pembinaan kepada koperasi juga dengan melakukan langkah-langkah pencegahan agar koperasi yang tidak aktif menjadi aktif kembali dan yang aktif semakin berkembang. Ini bertujuan agar peran dan fungsi koperasi bisa sebagai pelaku ekonomi yang bisa membantu perekonomian masyarakat melalui kinerja koperasi itu sendiri,” imbuhnya.(Humas,CrewTB)

Sumber: Biro Humas Banten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

IMG-20180612-WA0040

All Out Amankan Mudik, Polda Banten: Ingin Masyarakat Bahagia

Merak, (TB) – Ciptakan kenyamanan bagi pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatra, Polda Banten, mengerahkan ...

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com